Friday 22 January 2021

Mustika Batu Kelapa (Kentos)

Batu Kelapa atau orang kebanyakan bilang Mustika Batu Kelapa atau Kentos, banyak dipercaya orang sebagai batu yang langka. Batu ini berasal dari buah kelapa yang sudah tua dan memfosil didalam kelapa sehingga mengeras seperti batu. Batu kelapa ini berwarna putih dan ada guratan lurus-lurus memanjang dari atas kebawah disekeliling batu tersebut. Batu kelapa ini sangat langka dan belum tentu dapat dengan membelah seribuan buah kelapa. Untuk mendapatkan batu ini dari pencarian di alam, tergantung jodoh. Walau kita cari sampai puluhan tahun juga kalau memang belum jodoh yah tidak dapat, kecuali kita beli dari orang ataupun ada orang yang memberinya. 

Sebelum heboh orang menggunakan batu akik dan mencari batu-batuan unik buat sekedar cincin atau koleksi, mustika batu kelapa sudah banyak dicari orang. Bahkan kabarnya ada orang yg bersedia membayar puluhan juta rupiah demi mendapatkan sebuah batu mustika kelapa. Akibat banyaknya orang mencari batu mustika kelapa ini, tidak sedikit orang dengan niat jelek membuat batu mustika kelapa palsu demi mendapatkan untung yang fantastis. Bahkan saking niatnya orang menjual batu mustika kelapa palsu, mereka bekerjasama dengan paranormal karbitan dengan pura-pura membuat tirakat dan sesajenan untuk "memanggil" batu mustika dari alam gaib. Niat banget yah... hahhaha

Banyak informasi yang saya galih mengenai kehebatan batu mustika kelapa ini, cuma yang paling diyakini orang adalah sebagai anti basi makanan dan juga sebagai penglaris. Itulah sebabnya banyak pengusaha rumah makan ingin memiliki batu mustika ini disebabkan karena khasiat khodam yang ada didalamnya. 

Batu yang saya tampilkan diatas adalah sebuah batu kelapa yang saya sendiri saja tidak tahu apa ini asli apa tidak? Batu ini pemberian nenek saya sekitar tahun 2015 pada saat musim batu-batu akik. Kebetulan saya orangnya tidak ikutan mencari ataupun mengkoleksi batu-batu unik sampai mencari dipinggir-pinggir kali maupun digalian batu. Saya cuma senang melihat lihat milik teman ataupun milik keluarga yang kebetulan mengoleksi berbagai batu-batu unik.

Adalah Nenek saya yang mungkin memperhatikan saya tidak punya batu-batuan unik sehingga menanyakan kesaya kenapa tidak mempunyai batu seperti saudara-saudara yang lain? Saya cuma bilang tidak terlalu suka koleksi batu-batu seperti itu. Kalau ada yang ngasih, yah saya simpan, kalau tidak ada yah sudah. 

Kemudian Nenek saya kekamarnya dan memberikan saya sebuah batu warna putih seperti gambar diatas. Saya heran darimana Nenek saya mendapatkan batu seperti itu? Nenek cuma bilang kalau batu tersebut sudah lama disimpan, sejak paman-paman saya masih kecil (sekarang anak-anak paman saya udah besar). Dan menurut orang-orang kata Nenek saya, kalau batu itu namanya batu kelapa. Beliau sendiri tidak tahu apa kegunaan mistisnya batu tersebut. Yang Beliau tahu, itu gunanya buat hiasan kalung maupun cincin.
Sampai sejauh inipun, saya tidak pernah menguji khasiat dari batu kelapa ini, mungkin ada ritual-ritual atau laku isyarat tertentu, saya tidak tahu.

Bagaimana mengetahui batu kelapa yang asli maupun palsu?

Nah ini menjadi banyak pertanyaan kepada pemilik batu-batu mustika, khususnya pemilik batu kelapa mustika. Sejauh ini, cara orang menguji batu mustika kelapa adalah dengan meletakkannya pada makanan basah dan menunggu sampai 3 hari. Kalau makanan tersebut basi, berarti batu tersebut palsu. Saya bingung sendiri kenapa bisa makanan tidak basi hanya gara-gara meletakkan batu kelapa disekitar makanan tersebut? Apakah batu tersebut mengeluarkan sejenis zat khusus gitu untuk mengusir bakteri penyebab makanan basi?? Menurut saya sih pasti basi. hahahhah...
Saya sendiri pengen menguji batu ini kemakanan, tapi sampai sekarang belum kesampaian, sayangkan makanannya harus terbuang atau nganggur selama berhari-hari tidak dimakan??

Tapi ada juga orang yang menguji batu tersebut dengan menggosokkannya ke duit kertas. Kalau warna duit tersebut nempel pada batu kelapa milik kita, berarti batu kelapa itu asli. Tapi kalau warna kertas ataupun tinta dari uang tersebut tidak nempel, berarti batu tersebut palsu.

Begitu kira-kira ulasan saya mengenai batu kelapa mustika ini. Tergantung teman-teman percaya atau tidak mengenai mistis dari batu kelapa, semua saya serahkan keteman-teman sendiri. Terimakasih

0 comments: